Harga Hewan Kurban di Tahun 2017/1438 H

Berkurban adalah sunnah muaqqadah hukumnya bagi seorang muslim. Tetapi, berkurban akan wajib hukumnya bagi Anda yang muslim dan termasuk ke dalam golongan yang mampu. Berkurban biasanya dilakukan ketika hari raya Idul Adha datang, ataupun ketika Anda hendak melaksanakan aqiqah. Nah, untuk itu Anda perlu mengetahui harga hewan kurban di tahun 2017/1438H, jika Anda ingin berkurban di tahun ini.

Maksud dari kata berkurban yaitu menyembelih hewan ternak. Nah, hewan ternak yang bisa dikurbankan, yaitu kambing, domba, sapi, ataupun unta. Namun, karena di Indonesia tidak ada unta, jadi masyarakat muslim Indonesia lebih banyak yang memilih kambing ataupun sapi sebagai hewan kurbannya. Namun, tidak sedikit juga dari mereka yang memilih domba sebagai hewan kurbannya. Perlu Anda perhatikan, tidak sembarang kambing, domba, ataupun sapi yang bisa dikurbankan, Anda perlu memilih kambing, domba ataupun sapi yang cukup umur, serta tidak cacat. Anda dapat mengkurbankan kambing, domba, atau sapi yang betina ataupun jantan. Kambing, domba, ataupun sapi yang sehat, gemuk, ataupun mandul sangat dianjurkan sekali untuk dijadikan hewan kurban Anda. Tidak heran jika Anda perlu menyisihkan banyak uang untuk berkurban. Harga hewan untuk kurban biasanya akan naik setiap tahunnya. Berikut perkiraan harga hewan kurban di tahun 2017untuk anda ketahui menjelang hari raya Idul Adha 1438H tiba.

Harga hewan kurban tahun 2017 bisa dikatakan mengalami kenaikan yang cukup tinggi, jika dibandingkan dengan harga di tahun sebelumnya. Harga untuk 1 kambing dengan berat kurang lebih 27 kg di tahun ini yaitu sekitar Rp 1.750.000,-, harganya naik Rp 150.000,- dari tahun sebelumnya. Sedangkan harga untuk 1 sapi dengan berat 220 kg di tahun ini yaitu sekitar Rp 12.250.000,-, harganya naik Rp 1.050.000,- dari tahun sebelumnya. Beda lagi harganya jika Anda memilih kambing atau sapi Palestina dan Suriah. Harga untuk 1 kambing Palestina dan Suriah dengan berat kurang lebih 45 kg yaitu sekitar Rp 4.750.000,-, harganya naik Rp 450.000,- dari tahun sebelumnya. Sedangkan harga untuk 1 sapi Palestina dan Suriah dengan berat 400 kg yaitu sekitar Rp 33.250.000,-, harganya naik Rp 33 325.000,- dari tahun sebelumnya.

Jika Anda hendak berkurban, perlu diperhatikan juga, bahwa 1 kambing dapat dijadikan sebagai hewan kurban untuk 1 orang ataupun 1 keluarga. Sedangkan 1 sapi dapat dijadikan sebagai hewan kurban untuk 7 orang, baik dengan orang yang masih 1 keluarga dengan Anda, maupun tidak. Harga hewan kurban tahun 2017 memang mengalami kenaikan yang cukup tinggi. Jika dilihat dari harganya, sepertinya Anda perlu mempersiapkan uang Anda dari jauh-jauh hari sebelum hari raya Idul Adha tiba, ataupun sebelum pelaksanaan aqiqah diselenggarakan. Tidak menutup kemungkinan juga kalau harganya akan naik setiap bulannya.

One Reply to “Harga Hewan Kurban di Tahun 2017/1438 H”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *