Harga Sapi Kurban, Bukan Alasan untuk Tidak Memilihnya

Kurban merupakan salah satu ibadah umat Islam dalam bentuk penyembelihan hewan kurban berupa hewan ternak seperti unta, sapi, kambing, dan domba. Di Indonesia hewan yang biasa digunakan untuk menunaikan ibadah kurban ini adalah sapi dan kambing. Harga sapi kurban satu ekor saja sudah sepadan dengan tujuh ekor kambing. Sehingga setiap pekurban mempunyai pertimbangan masing-masing dalam memutuskan hewan apa yang akan mereka kurbankan.

Antara kambing dan sapi sama saja, yang diutamakan dalam menunaikan ibadah kurban yaitu tetap pada niat tulusnya untuk berkurban. Hal ini karena syarat untuk berkurban adalah disesuaikan dengan kemampuan dan kemudahan yang ada. Menyembeli satu ekor hewan kurban sudah bisa dikatakan bahwa telah menjalankan ibadah kurban. Setiap tahun berkurban tentu sudah menjadi kebiasaan yang baik, setiap umat Islam pun ingin bisa menjalankannya setiap tahun. Harga sapi kurban cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini yang kadang menjadi masalah untuk keuangan yang pas-pasan sehingga tidak bisa untuk berkurban. Namun, kondisi ini tidak menyurutkan semangat untuk tetap berusaha berkurban di setiap tahunnya. Jika belum bisa berkurban sapi maka bisa berkurban kambing. Hal terpenting dalam berkurban adalah niatnya dan manfaat yang diberikan kepada orang lain.

Harga sapi kurban dari tahun ke tahun menunjukkan peningkatan yang tidak terlalu tinggi. Harga jual sapi kurban juga disesuaikan dengan ukuran besar dan beratnya sapi. Semakin berat dan besar, harga sapi tentu akan semakin mahal. Namun, hal ini tidak mampu menurunkan peminat sapi terutama untuk dijadikan kurban di hari raya Idul Adha. Untuk tujuan ibadah tentu akan selalu dimudahkan oleh Sang Pencipta, asalkan niat tulus sudah ada dalam hati. Berkurban sapi memang akan mendatangkan manfaat bagi berbagai pihak.

Bagi para penerima daging sapi tentu akan merasa senang, karena bisa mengkonsumsinya walaupun sekali setahun. Daging sapi ini juga memiliki manfaat untuk sebagai suplai gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Banyak pula orang yang menyukai daging sapi dengan rasanya yang lezat. Sebagian orang juga percaya bahwa sapi adalah hewan yang bersih sehingga susu yang dihasilkannya pun bisa diminum untuk memenuhi kebutuhan gizi manusia. Dari beberapa hal tersebut membuat pekurban memilih sapi sebagai hewan yang dikurbankan. Bagi pekurbannya pun bisa mendapat manfaat selain mendapatkan pahala, ia pun ikut merasakan kebahagiaan yang orang lain rasakan.

Bagi Anda yang ingin berkurban dan mendapatkan manfaat yang lebih banyak lagi, bolehlah sesekali untuk berkurban sapi. Meskipun harga sapi kurban lebih tinggi, akan tetap dikurbankan untuk menunaikan ibadah berkurban. Selain itu, sapi juga memiliki banyak manfaat sehingga bisa menjadi rekomendasi bagi Anda yang akan menjalankan ibadah kurban.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *