3 Cara Cegah Penyakit Amandel

Setiap manusia memiliki kelenjar amandel yang memiliki fungsi penting bagi tubuh. Fungsi penting dari kelenjar amandel adalah untuk mencegah infeksi dan meningkatkan sistem imun tubuh. Kelenjar amandel manusia ada dua, yaitu di sebelah kanan dan kiri pangkal tenggorokan. Kelenjar amandel akan terlihat ketika membuka mulut lebar-lebar. Sebenarnya, kelenjar amandel berfungsi secara maksimal ketika manusia masih kecil. Saat sudah beranjak dewasa, kelenjar amandel akan mengecil dan tidak berfungsi. Hal ini disebabkan sistem imun tubuh sudah bekerja secara maksimal. Oleh karena itu, sering terjadi gangguan pada kelenjar amandel yang disebut dengan tonsilitis atau radang amandel. Radang amandel menyebabkan pembengkakan kelenjar amandel yang memberikan rasa nyeri. Penyakit amandel termasuk penyakit menular, sehingga harus dicegah. Di bawah ini ada beberapa cara cegah penyakit amandel yang berawal dari kebiasaan sehari-hari.

  • Konsumsi Makanan Sehat

Makanan yang dikonsumsi menjadi faktor yang bisa memicu pembengkakan dan iritasi pada kelenjar amandel. Oleh karena itu, cegah penyakit amandel bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Makanan yang sehat membuat sistem imun tubuh menjadi lebih kuat. Sehingga, tubuh akan kebal terhadap infeksi dan serangan virus. Sebaiknya menghindari makanan yang mengandung MSG, bahan pengawet, dan es untuk mencegah peradangan pada kelenjar amandel.

  • Perbanyak Konsumsi Air Putih

Sebagian besar tubuh manusia tersusun atas air. Oleh karena itu, mengonsumsi air putih memiliki sejuta manfaat bagi tubuh. Mulai dari mencegah dehidrasi, melembabkan kulit, hingga mengoptimalkan kinerja ginjal. Air putih bisa juga cegah penyakit amandel karena mengandung mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga, minumlah air putih setidaknya 8 gelas dalam sehari agar tubuh tetap segar.

  • Hindari Kontak dengan Penderita Amandel

Cara cegah penyakit amandel bisa dilakukan dengan menghindari kontak langsung dengan penderita amandel. Pada dasarnya, penyakit amandel disebabkan oleh virus Epstein-Barr yang menyebabkan infeksi dan pembengkakan pada kelenjar amandel. Selain menyerang kelenjar amander, virus tersebut menyebabkan infeksi pada bagian rongga mulut dan tenggorokan. Tubuh bisa dengan mudah terinfeksi virus tersebut jika daya tahan tubuh sedang lemah dan melakukan kontak langsung dengan penderita amandel, terutama melakukan kontak air liur.

Melakukan kontak secara langsung dengan air liur atau cairan yang dikeluarkan dari mulut dan hidung penderita amandel bisa memicu penyakit amandel. Cara penularan penyakit amandel yang lain adalah dengan menggunakan benda yang sudah dipakai oleh penderita amandel. Benda tersebut sudah terkontaminasi oleh virus yang susah untuk dihilangkan. Sakit tenggorokan parah merupakan gejala awal jika tubuh sudah terkontaminasi oleh virus penyebab penyakit amandel. Oleh karena itu, jika menemukan penderita amandel sebaiknya menjaga jarak untuk menghindari kontak air liur atau cairan. Jangan pula memakai gelas, sendok, atau sikat gigi yang sama dengan penderita amandel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *