Manfaat Jahe bagi Tubuh Manusia

Jahe atau di dalam bahasa Latin dikenal sebagai zingiber officinale adalah salah satu jenis tanaman yang bisa digunakan untuk rempah-rempah dan juga obat. Jahe memiliki bentuk seperti jari dengan bagian tengah yang menggembung. Jahe mengandung senyawa zingeron yang menyebabkan rasa pedas mendominasi jahe.

Sebagian orang memanfaatkan jahe sebagai bahan minuman untuk menghangatkan tubuh di saat cuaca dingin. Padahal ada banyak manfaat jahe bagi tubuh, seperti yang akan dijelaskan dalam artikel ini.Jahe atau di dalam bahasa Latin dikenal sebagai zingiber officinale adalah salah satu jenis tanaman yang bisa digunakan untuk rempah-rempah dan juga obat. Jahe memiliki bentuk seperti jari dengan bagian tengah yang menggembung.

Jahe mengandung senyawa zingeron yang menyebabkan rasa pedas mendominasi jahe. Sebagian orang memanfaatkan jahe sebagai bahan minuman untuk menghangatkan tubuh di saat cuaca dingin. Padahal ada banyak manfaat jahe bagi tubuh, seperti yang akan dijelaskan dalam artikel ini.

• Meredakan Perut Kembung

Naik motor dalam jarak yang jauh, terlalu lama terpapar angin, atau hujan-hujanan bisa menyebabkan perut kembung. Oleh karena itu, salah satu manfaat jahe bagi tubuh adalah untuk meredakan perut yang kembung. Caranya adalah dengan menjadikan jahe sebagai minuman atau mencampurkannya dengan susu panas.

 • Memperlancar Sistem Peredaran Darah

Salah satu manfaat jahe bagi tubuh yang jarang diketahui oleh orang adalah untuk melancarkan sistem peredaran darah. Jahe mengandung senyawa gingerol yang bisa digunakan untuk obat anti koagulasi atau mengencerkan darah yang tersumbat. Mengonsumsi jahe secara rutin mampu mencegah penyakit stroke dan jantung yang disebabkan oleh sistem peredaran darah yang tersumbat atau menggumpal.

• Meredakan Gejala Flu

Flu adalah penyakit yang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Flu menyebabkan demam dan batuk. Salah satu manfaat jahe bagi tubuh adalah meredakan gejala flu seperti demam dan batuk. Hal ini disebabkan di dalam jahe terkandung gingerol yang mampu memerangi virus yang menyebabkan demam dan batuk. Selain itu, jahe mampu mencegah efek samping dari obat-obat flu yang terbuat dari bahan kimia.

• Meredakan Migrain

Migrain atau sakit kepala sebelah sangat mengganggu kegiatan sehari-hari. Migrain bisa disebabkan oleh melebarnya pembuluh darah di dalam kepala. Penelitian telah membuktikan bahwa jahe mampu menyempitkan pembuluh darah yang melebar yang menyebabkan sakit kepala. Untuk menghilangkan sakit kepala sebelah dengan jahe bisa dilakukan dengan cara mengunyah jahe atau meminum ramuan jahe.

• Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Jahe sudah terbukti mampu menurunkan tekanan darah yang tinggi. Jahe membantu tubuh melepaskan adrenalin. Selain itu, jahe membantu melebarkan pembuluh darah sehingga darah bisa peredaran darah menjadi lebih lancar. Sehingga, jantung yang memompa darah bisa lebih ringan. Jika sudah merasakan gejala tekanan darah tinggi, segera mengunyah atau mengulum jahe seperti permen agar tekanan darah kembali normal.

• Mengobati Jerawat

Jerawat merupakan masalah kulit yang gampang-gampang susah untuk ditangani. Terkadang krim dari dokter kulit yang mahal tidak bisa menyembuhkan jerawat. Salah satu cara mengobati jerawat secara alami bisa dilakukan dengan mengonsumsi jahe sebanyak 4 gram sehari. Ukuran tersebut tidak boleh dilebihkan karena jahe bisa menyebabkan sakit perut dan diare.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *