Yang Perlu Disiapkan Sebelum Operasi Katarak

Katarak merupakan gangguan penglihatan yang dapat terjadi pada siapa saja. Namun umumnya katarak ini ditemukan pada seseorang yang telah berusia lanjut. Gangguan katarak dapat terjadi karena beberapa hal. Di antaranya adalah trauma pada mata, perubahan mata karena penuaan, racun kimia hingga bawaan dari lahir. Tujuan operasi katarak adalah guna meningkatkan penglihatan serta menghilangkan lensa yang berkabut di mata. Katarak merupakan gangguan penglihatan yang dapat terjadi pada siapa saja. Namun umumnya katarak ini ditemukan pada seseorang yang telah berusia lanjut. Gangguan katarak dapat terjadi karena beberapa hal. Di antaranya adalah trauma pada mata, perubahan mata karena penuaan, racun kimia hingga bawaan dari lahir. Tujuan operasi katarak adalah guna meningkatkan penglihatan serta menghilangkan lensa yang berkabut di mata.

Saat sudah yakin untuk melakukan operasi katarak, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Beberapa di antaranya ada di bawah ini.

  1. Seminggu sebelum dilakukannya operasi, dokter akan terlebih dahulu melakukan tes USG. Tujuannya adalah untuk mengukur bentuk dan ukuran mata. Hal ini dilakukan guna menentukan jenis implan yang paling tepat untuk mata nantinya.
  2. Pasien juga mungkin akan diminta berhenti melakukan pengobatan atau mengonsumsi beberapa jenis obat tertentu yang bisa meningkatkan resiko pendarahan selama dilakukannya operasi. Beberapa jenis obat seperti obat untuk masalah prostat bisa mengganggu operasi katarak. Konsultasikan dulu hal ini pada dokter mata.
  3. Gunakan obat tetes mata dalam mengurangi terjadinya resiko infeksi. Dokter akan turut meresepkan obat tetes mata antibiotik agar dapat digunakan selama satu sampai dua hari sebelum dilakukannya operasi.
  4. Sama seperti beberapa jenis operasi lainnya, pasien juga diminta untuk melakukan puasa sebelum dijalankannya operasi. Instruksi yang biasanya diberikan adalah tidak boleh mengonsumsi makanan atau minuman apapun selama 12 jam sebelum dilakukannya operasi.
  5. Pakai pakaian nyaman dan bawalah kacamata hitam saat pergi ke rumah sakit. Jangan gunakan parfum, krim aftershave ataupun aneka jenis pewangi lainnya. Hindari juga makeup serta bulu mata palsu.
  6. Siap-siaplah untuk fase penyembuhan. Pasien biasanya akan pulang di hari yang sama setelah dilakukannya operasi. Namun, pasien tidak akan diperbolehkan menyetir kendaraan sendiri. Pastikan ada anggota keluarga, kerabat atau teman yang mengantar setelah operasi selesai dilakukan.
  7. Apabila diperlukan, dokter akan menyarankan pada pasien untuk membatasi aktivitas seperti membungkuk dan mengangkat beban berat selama seminggu pasca operasi.

Mungkin banyak dari kita yang bertanya-tanya, apakah prosedur operasi katarak ini dapat berjalan dengan sempurna atau tidak. Tidak perlu khawatir karena 85 hingga 92 persen operasi katarak berhasil pada orang dewasa. Hanya akan muncul sedikit rasa tidak nyaman dan komplikasi. Resiko dari operasi katarak ini juga kecil, hanya sekitar 5% pasien yang mengalami komplikasi penglihatan serta membutuhkan operasi tambahan. Walau resikonya rendah, akan tetapi operasi ini tetap memiliki resiko yaitu mengalami kehilangan penglihatan secara parsial atau sebagian. Demikian adalah beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum menjalani operasi katarak dan juga kemungkinan keberhasilannya. Semoga ulasan di atas bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *