Ini Daftar Museum yang Cocok untuk Liburan

Memilih destinasi wisata yang tidak biasanya dan tidak hanya menjadi sarana untuk refreshing namun juga menjadi wisata edukatif untuk anggota keluarga. Beberapa destinasi wisata mungkin sudah masuk dalam list seperti water boom, pantai, kebun buah, hutan pinus, embung, danau, dan museum. Berbagai pertimbangan tentunya digunakan untuk memutuskan tempat wisata. Jika Anda adalah orang tua dari anak-anak tentunya akan memilih museum sebagai tujuan wisata. Di samping tempatnya yang unik dan bisa dijadikan tempat wisata segala usia juga mengandung edukatif mengenai berbagai sejarah kemerdekaan dan perjuangan yang bisa menjadi pelajaran penting bagi anak-anak. Lalu museum seperti apa yang bisa Anda kunjungi jika berada di wilayah Yogyakarta? Nah, pada kesempatan kali ini beberapa museum di Yogyakarta yang cocok dijadikan sebagai tempat liburan akan dibahas.

Museum Gunung Merapi

Sesuai dengan namanya, museum ini adalah museum yang diresmikan pada tahun 2010 dengan latar langsung pemandangan gunung merapi yang berada di daerah Hargowinangun, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Bangunannya yang sangat unik menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan yaitu berbentuk trapesium dengan salah satu pada bagian sisi puncak mengerucut dengan bentuk segitiga. Berbagai replika letusan Gunung Merapi bisa dengan ditemui apalagi ketika baru pertama kali masuk karena selebaran replika tiga letusan pada tahun 1669, 1994, 2006 akan menyambut kedatangan Anda. koleksi sisa letusan dilengkapi dengan berbagai foto-foto sangat menarik untuk dilihat bahkan secara langsung akan mengingatkan kepada Anda betapa hujan tangis dirasakan oleh sebagian besar penduduk di Yogyakarta. Di lantai dua tidak kalah menarik karena terdapat beberapa alat peraga.

Museum Bahari

Museum Bahari ini didirikan pada tahun 2009 oleh salah satu TNI yang tentunya memiliki berbagai jenis koleksi barang yang tentunya berhubungan dengan dunia laut. Pengelolaan museum dilaksanakan oleh salah satu paguyuban bernama Tri Sekar Lestari. Sesuai dengan namanya, bentuk dari museum ini menyerupai sebuah anjungan atau disebut sebagai ruang untuk komando kapal dan tempat nakhoda berada. Ruangan koleksi dan ruangan audiovisual akan menyempurnakan perjalanan edukatif keluarga Anda karena secara langsung dapat menyaksikan film yang diputar mengenai dunia kemaritiman dari zaman Soekarno sampai dengan keadaan saat ini.

3d Museum De Mata ‘Trick Eye’

Museum yang sangat unik ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai dunia fotografi karena tersedia berbagai jenis spot yang sangat unik untuk diabadikan. Salah satu museum ini terletak di daerah Umbulharjo di XT Square tepatnya di gedung bernama Umar Kayam. Sesuai dengan namanya, museum ini memiliki 3 dimensi sehingga terdapat berbagai jenis lukisan yang dapat menipu mata dan ratusan gambar yang menampakkan seakan-akan tubuh yang masuk eka dalam arena itu benar-benar menjadi bagian dari 3 dimensi. Berbagai koleksi meliputi super hero, sirkus, olahraga, binatang dan masih banyak lagi. Tentunya keluarga Anda akan betah berlama-lama ke tempat ini karena kurang lebih 120 gambar dan lukisan 3 dimensi.

Selain 3 museum yang disebutkan di atas, tentunya masih terdapat banyak sekali museum yang ada di Yogyakarta sebagai salah satu provinsi yang memiliki kebudayaan yang sangat kental.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *